Sabtu, 29 September 2012

Dukung Pemanfaatan IT, MasterCard & Club 21 Luncurkan Program PwP

Ahmad Luthfi - Okezone
Jum'at, 3 Agustus 2012 12:37 wib
Ki-ka: Tommy Singgih (MasterCard), Retno Persadakusuma (YMMI), Ravelra Supit Lubis (Club21), Astari Rasjid (YMMI), Julianty Moeljono (MasterCard), I Gino Latief (YMMI)
JAKARTA - CLub 21, fashion retailer terkemuka dan Mastercard Worldwide bekerjasama untuk membantu program pemberdayaan perempuan yang dijalankan Yayasan Mitra Mandiri Indonesia melalui program MasterCard Purchase with Purpose (PwP). Kolaborasi ini juga merupakan bagian dari perayaan hari jadi Club 21 yang ke 40 tahun.

"Ini adalah selebrasi kami yang ke 40 tahun dalam dunia fashion. Kolaborasi dengan MasterCard, Kami beri customer untuk setiap transaksi 1 dollar, akan disumbangkan kepada Yayasan Mitra Mandiri Indonesia (YMMI). Tujuannya, memberi kesemptan kepada istri petani untuk mendapatkan edukasi dan pendidikan yang lebih maju," ujar Ravelra Supit Lubis dari Club 21 di Jakarta (2/8/2012).

Mendukung pemanfaatan information technology (IT), program pemberdayaan yang menyasar perempuan pedesaan, istri petani dan istri buruh tani ini akan diisi dengan pelatihan dan pendidikan. Pelatihan tersebut meliputi penyediaan serta peningkatan akses terhadap informasi (internet) dan pengetahuan.

Sehingga, memungkinkan bagi perempuan di wilayah pedesaan khususnya, untuk dapat meningkatkan pendapatan di sektor pertanian. Selain itu dapat meningkatkan daya saing kualitas produk serta mempertahankan mata pencahariaan mereka.

"Dari pemanfaatan IT, bisa mengetahui informasi seperti harga pasar. Sehingga, apabila ada tengkulak datang, mereka tidak dibohongi, karena sudah mengetahui harga pasar melalui pemanfaatan internet. Kami mencoba mengajarkan bagaimana ibu petani ini berani menggunakan komputer," tutur Executive Director YMMI, I Gino Latief.

Ia mengatakan, masyarakat tidak hanya mengetahui informasi mengenai harga pasar, tetapi juga memperoleh wawasan guna meningkatkan kualitas produk, sehingga meningkatkan hasil panen mereka dan juga mengedukasi anak-anak, sebagai the next generation. "Gunakan komputer yang ada, cari (informasi itu) dan print. Itulah yang mereka lakukan," jelasnya.

Menurutnya, program PwP ini mendukung program eKomunita yang diusung YMMI, yaitu menyediakan wadah pelatihan, sarana serta fasilitas untuk wilayah pedesaan, melalui Community Learning Center dan Community Business Center. Saat ini, program eKomunita tersebut sudah merambah ke beberapa wilayah, seperti Bekasi, Cianjur serta Denpasar.

Platform Corporate Social Responsibility (CSR) MasterCard ini difokuskan untuk memperbaiki kualitas hidup perempuan dan anak-anak. Edukasi terhadap konsumen merupakan hal yang penting bagi MasterCard, mengingat pentingnya pengetahuan finansial dalam meningkatkan kehidupan dan status sosial ekonomi keluarga di seluruh wilayah Tanah Air.

"Di sini MasterCard sebagai brand partner yang mendukung program ini. Dengan shopping, kita juga bisa bantu orang lain. Program ini tujuannya adalah membantu orang-orang di sekitar kita, yang perlu kita bantu dan kita bina," terang Julianty Moeljono dari MasterCard Worlwide Indonesia.

MasterCard akan memberikan donasi dari setiap transaksi yang menggunakan kartu MasterCard di berbagai cabang Club 21 yang tersebar di  Indonesia, Malaysia, Singapura, Taiwan, Thailand, Australia serta Hong kong. Begitu juga dengan transaksi yang dilakukan secara online melalui eShop Club 21 yang akan diluncurkan Agustus tahun ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar