Sabtu, 29 September 2012


"Salamworld" Jejaring Sosial Islami Dunia

Amril Amarullah - Okezone
Rabu, 5 September 2012 12:12 wib
logo Salamworld
KUALA LUMPUR – Sebentar lagi masyarakat muslim dunia akan memiliki jejaring sosial sendiri. Pasalnya, bagi mereka yang tidak nyaman ketika menggunakan Facebook, dapat beralih ke Salamworld.

Salamworld merupakan jejaring sosial milik perusahaan di Turki yang sengaja dibuat untuk menyesuaikan masyarakat muslim yang menjunjung tinggi budaya berdasarkan nilai-nilai Islami.

Guru Besar Universitas Islam Malaysia, Nuraihan Mat Daud, menilai jejaring sosial yang selama ini populer seperti Facebook memang memiliki kebijakan yang sangat ketat soal pornografi, namun memperbolehkan iklan dan aplikasi perjudian.

Bahkan, dia pribadi mengaku tidak nyaman dengan aneka iklan di jejaring sosial besutan Mark Zuckerberg itu yang memperlihatkan foto wanita dengan pakaian minim.

Seperti diketahui, Salamworld merupakan media sosial yang selain sebagai ajang interaksi, juga akan menyediakan aneka aplikasi, mulai dari buku elektronik, tanya jawab tentang Islam, persiapan haji dan umroh, game online, hingga panduan untuk berbagai kota di dunia.

Meski sejumlah analis berpendapat, diprediksi popularitas Facebook tidak akan tertandingi oleh jejaring social manapun juga, tetapi hal itu tidak menyurutkan niat Salamworld untuk bisa menjangkau umat Islam di seluruh dunia.

Apalagi, menurut data yang ada, jumlah umat Islam di dunia kini diperkirakan mencapai 1,5 miliar jiwa. "Ketika kita berbicara tentang 1,5 miliar penduduk Muslim di dunia, mungkin secara prosentase yang memakai Salamworld sangat kecil. Namun dari aspek angka, jumlahnya sangat besar," kata Kepala Operasi Salamworld untuk Asia Pasifik, Salam Suleymanov, seperti dikutip dari laman BBC, Rabu (4/9/2012).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar